Posted by: deatantyo | February 10, 2017

REMBES

Saya lagi di Damri. Basah kuyup menuju kantor. Beberapa menit sebelumnya, keujanan ngegojek hantam badai menuju terminal. Beuh.

Sepanjang perjalanan saya jadi mikir, ada orang-orang -bapak tua dan bahkan nyetir sambil batuk-batuk- tapi rela terus kerja bawa motor di tengah hujan deras.

Kita masuk kantor ujan-ujan kayanya sering, tapi ngegojek sambil basah kuyup dengan mata dihantem air dan kesemprot cipratan mobil? Kayanya jarang.

Saya jadi yakin, pasti ada sesuatu yg gerakin bapak-bapak ini atau bpk-bpk lain yg terus banting tulang meski dlm keadaan sulit.

Bisa jadi doa istrinya.. yg ngedorongnya bisa sampe seheroik itu. Atau mungkin kebayang senyum anaknya yg masih kecil dan riang saat si bapak pulang bawa rizki dan makanan.

Atau mungkin yg jauh lebih besar dari itu: karna iman. Yg yakin bahwa Allah dah ngatur rizki, tugas kita tinggal ikhtiar dan nempelin kayakinan.

Persis cerita seorang ikhwan yg muter haluan hidup demi jemput hidayah. Pernah jadi chef dan wine tester specialist. Tukang icip-icip minuman anggur. Dan pernah kerja di Dubai. Sekarang? Jenggotnya makin lebat dengan celana ngejaga isbal. Jualan susu kedelai dan sari kacang ijo di pasar. Ngolah jam 2 malem, tahajud, jualan sampe jam 9. Penghasilannya gak banyak, tapi syukurnya yg bikin beliau gagah.

Orang-orang jenis ini mungkin ga punya tabungan di bank, hidupnya serba kerontang, tapi tabungan syukurnya begitu kaya. Sukacita demi keluarga. Orang-orang yg ga pernah ngeluh dgn hidup.

Banyak orang-orang besar seperti ini. Tempat kita belajar untuk liat kebawah kalo hati dah mulai sombong atau ngerasa ga puas dengan gaji dan kerjaan. 🙂

***

Saya masih di Damri. Alhamdulillah, baju dan celana dah kering. Tapi entah kenapa, setelah ngegojek tadi pagi, dan inget saudara-saudara yg lebih milih jalan hidayah dgn hidup sederhana.. hati saya pagi ini jadi rembes. Hehe


Leave a comment

Categories