Posted by: deatantyo | December 2, 2016

MATEMATIKA HIDUP

 

extraordinary-promo-bundling-compilation

MATEMATIKA HIDUP
@DeaTantyo

What makes man a real man? Pilihan hidup. Great by Choice.

Soekarno dan Hatta, intelektual brilian itu, yg lulus dari kampus bangsawan itu, mestinya bisa hidup tenang dan nyaman. Bekerja pada pemerintah Hindia Belanda. Lalu mapan dlm gelar dan materi.

Haji Agus Salim, orang tua jenius itu, mestinya bisa hidup mewah dan nyaman. Lulusan terbaik HBS se-Hindia Belanda. Memiliki potensi karir sbg intel muda dan konsulat Beland. Dan dikabarkan bergaji 750 gulden, saat keluarga lain hidup dg 12 gulden.

Syafrudin Prawira Negara. Sang Penyelamat Republik. Mestinya bisa hidup mapan dan nyaman. Bertitel sbg menteri keuangan. Bahkan PRESIDEN Darurat Republik Indonesia. Harta dan tahta di depan mata.

Dr. Tjipto Mangunkusumo, mestinya bisa hidup bahagia dan nyaman. Seorang dokter brilian. Dan memiliki banyak peluang membuka rumah praktik. Juga lahir dari keluarga kaya berpendidikan.

Tapi perhitungan hidup tak harus sama. Mereka orang-orang yg seakan keliru dlm matematika. Salah mengkalkulasi bagaimana utk hidup tenang, mewah, mapan, dan bahagia. Tapi selalu sukacita dlm hidup.

Bahwa Soekarno Hatta justru “tenang” dgn hidup dari penjara ke penjara. Dari pengasingan ke pengasingan. Dari percobaan pembunuhan.

Bahwa Haji Agus Salim justru merasa “mewah” dgn hidup melarat, tinggal nomaden dgn rumah yg luasnya tak lebih dr sekamar kosan.

Bahwa Syafrudin Prawiranegara, justru merasa “mapan” dgn menjadi menteri keuangan yg tak punya uang. Dengan istri yg berjualan sukun goreng.

Bahwa Dr. Tjipto, justru “bahagia” dgn hidup yg menjadi tahanan. Dan diserang asma. Dihempas hak hidupnya oleh Belanda. Bahkan wafat sblm menikmati kemerdekaan.

Mereka jenis manusia yg memperlakukan matematika hidup tak hanya utk beasiswa dan gelar akademik, melainkan utk melawan kesewenangan, utk memilih hidup bersama rakyat, dan utk memberi dan memberi. Mereka orang-orang yg membuat cemburu kita yg belum bisa berbuat apapun, bahkan belum selesai dgn diri sendiri.

Saya mengundang Anda utk mendalami keteladanan itu..

*****
Juga seperti kalkulasi HARGA dibawah ini, gagal secara matematik, tujuannya buat memberikan super fare untuk teman-teman. Alhamdulillah sudah ada lagi cetak ulang buku Extraordinary dan Leiden. Berkenan cek ya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: