Posted by: deatantyo | June 28, 2011

Dari Ujung Sebuah Gua

Tanyakan pada para petualang apa yang ada dalam sebuah gua? Niscaya mereka menjawab salah satu diantara ini : sunyi, panjang, penuh bebatuan. Setiap gua memiliki pintu masuk dan pintu keluar. Jarak serta bentuknya beragam. Ada yang memanjang, sempit, berkelok bahkan tak beraturan. Namun saat sesorang berupaya untuk terus melaluinya, niscaya ia akan menemukan sebuah pintu keluar. Dan persis, seperti itulah hidup : complex and unpredictable. Memasuki hidup tak ubahnya memasuki lorong gua. Menjejaki perjalanan panjang berkelok dan penuh rintangan. Dari sebuah gua semestinya kita belajar, bahwa hidup adalah perjalanan sekaligus perjuangan. Dan hukum perjuangan selalu sama : selalu ada jalan keluar atas setiap beban permasalahan. Dan seperti ujung sebuah gua, tak jarang akan tampak seberkas cahaya mengintip pada pintu keluar, di ujung perjalanan. Begitulah hidup. Selalu ada ada ujung perjalanan. Selalu ada jalan keluar.


Leave a Reply

Categories

