Posted by: deatantyo | June 8, 2011

Kita Memilih..

“Berapa lamakah kau akan menggelepar tergantung di sayap orang? Kembangkan sayapmu sendiri dan terbanglah lepas seraya menghirup udara bebas di taman luas”.

(Dr. Sir M. Iqbal)

Inti hidup, tmpaknya, diwakili oleh satu kata ini : memilih. Memilih berarti menjalani sbh proses yg disebut Psikolog Jung dgn istilah ‘individuasi’. Setara dgn makna meruntuhnya kepribadian lama dan mengutuhnya kepribadian baru.

Maka tdk keliru dan memang sepatutnya, bahwa setiap pagi di hari pertama Tahun Baru. Atau setiap pagi di hari kelahiran kita, maka kita sudah harus memilih. Memilih utk mendaki tangga kualitas, memilih utk meretas tangga hierarki keberadaan kita. Atau bahkan tak perlu menunggu, kita hari ini, pagi ini – jauh sebelum pertengahannya, sepatutnya kita sdh merenungi kekata E.F. Schum :
“Apabila ruang spiritual yg ada pd diri kita tdk diisi dgn dorongan yg lbh tinggi, pastilah ruang itu akan dipenuhi oleh sesuatu yg lebih rendah-sikap hidup yg kikir, keji, dan kerdil.”

Kadang dlm hidup, kita perlu memilih salah satu dari 2 kata : ‘fight’ atau ‘give’ up dlm menjejaki hari-hari kita. Dan kita tak akan beranjak kmana-mana hingga kita mengemas kata pertama. Meski sulit, kita harus terus terbang dan berkembang. Persis kata-kata Iqbal, Sastrawan besar abad 20…

“Berapa lamakah kau akan menggelepar tergantung di sayap orang? Kembangkan sayapmu sendiri dan terbanglah lepas seraya menghirup udara bebas di taman luas”.


Responses

  1. Terbanglah dan tunjukkan pada dunia.

    Manusia hebat adalah manusia yang selalu berkobar semangatnya, apapun kondisinya, selayaknya ia matahari yang tak pernah habis akal untuk dapat memberikan sinarnya pada dunia..

    Never
    never
    never
    ever
    give
    up!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: