Posted by: deatantyo | June 1, 2011

Teori Keberuntungan!

“Ternyata hukum kesuksesan itu sederhana : kalau mau sukses, kita harus jadi org beruntung. Karena orang ganteng, orang cantik, orang pinter, orang kaya, orang rajin, semua kalah sama orang beruntung!”

Dulu saya sempat heran, saat beberapa teman SMA yang dikenal badung, rada berantakan dan ga pinter-pinter amat trnyata diterima di Unpad, ITB, UI dll. Sementara, temen saya yg agak canggih, rajin, dan rada pinter malah ga lolos dalam UMPTN. Pdhal dulu temen saya ini, klo ikut try out, meminjam istilah Pak Mario Teguh, peringkatnya selalu “Supeer sekalii”.

Atau yg lain. Hasil analisis mendalam seorg tman; kalo diperhatikan, banyak pasangan yang nampak tidak “seimbang”. Wajah si laki-laki “kurang strategis”, sedang perempuannya “sangat strategis”. Padahal kita hampir yakin, yang suka dengan perempuan tsb pastinya tdk sedikit dan diantara mereka tentunya ada yg kaya, pinter, bahkan wajahnya “lumayan terselamatkan”. Yah ga krisis-krisis amatlah.

Atau yg lain lagi. Masih dlm konteks yg sama. Temen kuliah saya misalnya yg saban UTS nilainya sering berada di titik “deflasi”, nyatanya menjadi orang yg paling cepet diwisuda. Dan konon, hari ini dah dapet kerja di tempat yg cukup prestise.

Saya jg ingat, suatu ketika di masa SMA, hampir setiap pagi – Beberapa kali, saya datang telat ke sekolah. Dan trnyata tdk hanya sholat yg berjamaah, telatpun bs berjamaah. Sesampainya di sekolah, banyak teman-teman yg juga dtg telat. Dan satu persatu dimarahi oleh guru piket yg dgn gagah brjaga d hlaman sekolah. Bahkan sebagian dipulangkan. Tapi apa yg terjadi, saat saya datang, sang guru begitu saja mmpersilahkan saya masuk dgn cuma2. Hehe

Lalu keanehan ap yg sebenarnya terjadi? Apa yg menyebabkan seseorang beruntung, sedang yg lain mjd tdk beruntung? Ya, dulu saya sempat bertanya begitu. Tapi nyatanya, hidup memang ga selalu linear. Tidak selalu memakai hukum kausalitas. Seseorang yg seharusnya lulus UMPTN, atau mndapat pasangan cantik, dan lain sebagainya mengapa malah tdk mndapatkan apa yg mreka harapkan?

Berangkat dari pngalaman yg sy alami, dan beberapa kisah yg diuraikan diatas, saya berusaha berfikir keras dan menduga-duga, jangan-jangan ini yg disebut dgn anomali kesuksesan, bahwa banyak orang yg punya syarat-syarat sukses, membaca buku ttg sukses dan mngikuti langkah org-org sukses, tp nyatanya blm pernah merasakan sukses. Artinya? Cling! Ternyata hukum kesuksesan itu sederhana :
“kalau mau sukses, kita harus jadi org beruntung”.

Karena dari beragam kisah diatas, saya menyimpulkan, bahwa orang ganteng, orang cantik, orang pinter, orang kaya, orang rajin, semua kalah sama orang beruntung!


Dan tentu kalau mau beruntung, kita mesti deket sama Allah. Karna cuma Allah yg bisa ngasih keberuntungan itu.

Betul ga jamaah? Ohh jamaah..


Leave a Reply

Categories

