Posted by: deatantyo | February 16, 2011

Mau Nanya Kang…

Suatu ketika, di inbox email, tuesday 7.57 pm…

Berikut bunyi si surat :

“Kepada Kang Dea Yang Keren Pisan (Boong, Bagian ini ngga ada hehe)

Assalamu’alaykum

saya baru inget mau nanya apa… minta tolong untuk bertanya beberapa hal kang..

hehe..^-^

gini kang, saya kan jum’at besok insya Allah mau berangkat ke Kalimantan buat TA di sana 2,5 bulan (sendiri tapinya )

nah TA saya itu kan mengenai Ekologi Manusia…jadi studi saya yang neliti bagaimana interaksi Suku Dayak Tunjung dengan hutan.

yang ingin saya tanyakan adalah:

1. karena studi saya tentang orang, jadi mau gak mau akan sama orang terus. Nah, pas saya baru dateng, bagaimana agar saya dapat menunjukkan first impression yang baik? agar orang2 sekitar menerima keberadaan saya di kampung tersebut

2. Kalo kang dea jadi saya, pas baru dateng ke kampung mereka, apa yang petama kali kakak lakukan?

3. Saya suka nervous kalo ketemu dengan orang baru, apa lagi yang udah tua (beberapa berbahasa lokal), bapak2 lagi…. Saya gak tau bahan pembicaraan apa yang paling pas? mestinya gimana? kalo ibu2, masi bisa nyari2 bahan pembicaraan lah dikit2…

4. Selanjutnya, kakak dapat memberi saya tips, bagaimana untuk menggali informasi sebanyak2nya dari informan?

5. penyusunan pertanyaan yang efektif gimana?

6. bagaimana jika ada suatu adat yang mengharuskan tamu melakukan hal2 tertentu yang tidak syar’i..hukumnya gimana tuh kak? soalnya, temen saya, peneliti dari LIPI dulu cerita, pas beliau penelitian masyarakat etnis di Sulawesi, mereka di doa-doain dulu + ada tarian2 pengusir hal buruk..hihi…seru ya…

7. suku dayak tempat saya penelitian mayoritas adalah non-Is dan menurut informan awal saya, di sana masih makan babi hutan dari hasil buruan. Nah, bagaimana hukumnya tinggal di rumah salah satu penduduk mereka? makan juga akan disediakan…heu..gimana bilangnya ya kak..apa saya bawa piring sendiri, panci, dan sendok sayur sendiri? sedih amat dah…

maaf ya kak..banyak. saya pikir orang sosial lebih mengerti hal ini.

lagi pula, di angkatan saya, yang melakukan TA dengan topik kajian Ekologi Manusia saya sendiri, ada 1 orang lagi itupun anak S2

jadi saya gak ada temen buat share untuk metode2 interaksi seperti di atas…

mohon bantuannya

terima kasih

salam.”

—————-

Dan jawabannya adalah?

 


Responses

  1. Jangan lupa minta izin sama dinas daerah setempat, jadi bisa terpantau keberadaannya,, apalagi di daerah terpencil..mungkin bisa dapet bimbingan juga dari pemerintah setempat..

    Kalau ada acara adat apapun, ikutin aja..karena rata2 suku pedalaman pikirannya belum terbuka dan lakukan saja sebagai penghormatan terhadap tuan rumah.

    untuk makanan, sedia banyak mie instan tinggal seduh aja biar aman…

    Salut saya, untuk skripsi rela berjuang sekeras ini, sendiri pula..Semangat buat yg lg berkutat dengan skrispi!🙂

    • Alhamdulilllah ada jawaban cakep. Ada yang lain kah?🙂
      Makasii Cum (*panggilan cuma saran)

  2. kang dea ganti profesi. bukan ahli ekonomi, tapi ahli psikologi sosial..:D

    • Ini jurusan baru, Psikologi Ekonomi. Mengurai masalah psikologis dengan kacamata ekonomi. Hasil terjaminlah!🙂


Leave a Reply

Categories

