Posted by: deatantyo | November 1, 2010

Post Nubila Jubila

“Suatu saat nanti, roda nasib akan berputar, kemudian bersama akan kita tendang kembali dunia.”

O, Post Nubila Jubila…

Mengintip paruh suasana di kampus ini, segera membuat saya miris. Saya menjadi tidak faham, saat banyak dari kita yang menyia-nyiakan nikmat kuliah di kampus ini. Kita bermalas-malasan, lebih memilih berleha-leha, atau gemar bersantai-santai. Atau mengeluh akan banyaknya tugas, muak, jenuh, dan merasa bosan. Kemudian seakan kita lupa tentang tidak semua rakyat negeri bisa kuliah disini.

Beberapa kali Saya pulang ke Jakarta. Saya menatap nanar banyak sahabat Saya yang beberapa tahun lalu duduk membersamai di bangku sekolah. Ada keharuan disana. Mereka adalah orang-orang istimewa dan cerdas, dengan kemampuan matematis yang luar biasa. Tapi apa yang lebih mengiris selain menyaksikan mereka yang kini dipaksa berhenti mengais jenjang pendidikan di negeri ini. Seorang sahabat misalnya harus rela menyunggingkan senyum polosnya di pertigaan jalan demi merapikan laju besi beroda empat. Atau seorang sahabat lain, yang punya ranking memukau saat sekolah, kini sedang menjajakan pakaian dagangannya di tengah pasar. Atau yang ketiga, seorang sahabat jenius, kini dengan pakaian lusuh, sedang bergembira di jalan-jalan.

Mereka orang-orang luar biasa yang harus beradu kuat dengan nasib. Mereka terhempas dan tercabik-cabik oleh derasnya keadaan. Mereka mengakrabi ketidakmampuan, keterpaksaan dan keterbatasan di sudut-sudut zaman. Tapi sejatinya, mereka tak mati, bahkan mereka jauh lebih hidup dari kita.

Maka bagi tuan-tuan yang menyia-nyiakan, banyak mengeluh dan tak kunjung bersyukur di kampus ini, silahkan undur diri dan tukar posisi dengan banyak sahabat saya yang siap duduk disini. Berbeda dengan kita, mereka memilki jiwa setegar baja dan semangat yang tak pernah berhenti menggelora.

Teruntuk kalian Kawan-kawanku yang luar biasa, nyalakan dengan jiwa-jiwamu api “Post Nubila Jubila” yang membakar. Aku tak pernah lupa tentang sorot mata dan pancaran semangatmu. Suatu saat nanti, roda nasib akan berputar kemudian bersama akan kita tendang kembali dunia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: