Posted by: deatantyo | August 5, 2010

Kembar Tujuh! (Edisi Error)

“Konon, setiap kita punya 7 kembaran di dunia!”

Ada yang tahu? Konon katanya, setiap manusia punya 7 kembaran di dunia. Entah bener apa nggak. Meski memang berita ini -meminjam istilah Aristoteles- telah menjadi seperti mob rule, yaitu sesuatu yang diyakini secara ajeg karena telah dipercaya banyak orang.

Konon, kepercayaan ini cuma perhitungan prediksi biostatistika sederhana saja. Kira-kira perhitungan kasarnya begini. Pada dasarnya manusia punya 46 kromosom di tiap sel-nya. Sel-sel ini yang membawa sifat2 genetik. Kemudian dengan berbagai kalkulasi biostatistika (yang hanya ahli biostatistika dan Allah yang mengerti) diperkirakan bahwa ada 1,6 milyar kombinasi gen yang bisa terbentuk. Ini berarti akan ada 1,6 milyar manusia yang khas dan tidak mirip.

Nah, sebutlah penduduk bumi ada 10 milyar, lalu dibagi sekitar 1,5 milyar (kombinasi gen tadi), hasilnya kira-kira 7. Jadi secara matematis perkiraannya ya ada 7 orang yang secara fisik mirip dengan kita. Itu masih biasa, bahkan di Desa Kodinji, India, ada sekitar 204 orang kembar! beuh.

Udah. Saya pribadi gak terlalu ambil pusing tentang hal itu. Sampai suatu sore, tibalah sms dari seorang teman yang hampir saja memaksa logika Saya untuk percaya pada hal tersebut. SMS itu berbunyi :

“Slmkm akhi,.antm mirip bgt sm antonio syafii.. Ad hubngn ap nh?”

Zip. Hening seketika. Selang beberapa detik setelah sms tersebut, berkecamuklah berbagai macam pikiran di benak Saya. Tentang traditional beliefs tadi, bahwa setiap kita punya tujuh orang yang persis mirip di dunia.

Nah, demi mengobati rasa penasaran itu, akhirnya Saya coba menganalisis keabsahan beliefs tersebut  memakai historical data dan bukti empiris dari berbagai responden yang beragam (hipotesis awal : Setiap orang punya tujuh orang kembar di dunia). Saya mencoba menguji, memastikan dan mengingat-ingat dengan seksama pengalaman “dikembar-kembarin” sama orang lain. Berikut data beserta proses pengujian:

Sample 1. “Afgan”. Saya dibilang mirip Afgan sama anak-anak TPA. “Kak Afgan” begitu sapa mereka. (Jangan marah, ini bukan saya yg bilang, haha)

Sample 2. “Artis Korea”. Saya mirip artis korea kata Ibunya temen SMA. Nama Artis tidak disebutkan. (Sumpah, ini juga bukan saya yg bilang, hehe)

Sample 3. “Dude Herlino”. Saya yang bertopi tak ubahnya Dude Herlino ujar temen KKN, 22 th. (Gak usah iri, ini juga yg bilang orang lain)

Sample 4. “Darius Sinatra”. Saya seperti Mas Darius istri Mba Donna Agnesia kata tetangga. (Punten Mba Donna, he)

Sample 5. “VJ Daniel”. Saya, sebelas dua belas dengan VJ MTV ujar beberapa orang. (Pada nangis dah penonton MTV!)

Sample 6. “Syafi’i Antonio”. Saya mirip pakar ekonomi Islam, Pak Syafi’i, begitu kata seorang sahabat. Ini Sample paling mutakhir. (Alhamdulillah, sabar ya Pak Antonio)

Dari sample diatas, dapat dilihat bahwa ternyata pengalaman Saya menggambarkan 85,7 % (6 dari 7) mendekati kebenaran hipotesis. Oleh karena itu secara tidak langsung dapat disimpulkan bahwa bisa jadi setiap kita memang punya 7 kembaran di dunia.

Penelitian Selesai?

Belum.

Bagi Saya penelitian ini malah menimbulkan masalah baru. Mengapa? Karena uji coba diatas tidak mengobati kekuatiran Saya tentang siapa orang ke tujuh yang dibilang mirip dengan Saya. Apakah Brad Pitt atau bisa jadi Mas Tom Cruise. Entahlah. Bagaimana dengan Anda?

(Mohon maaf jika ada kesamaan nama atau tokoh. MOhon maaf juga kalo tulisannya agak ngerusak mata. Itu orang lain yang bilang, suer bukan Saya, jadi malu, hehe)

Sumber : Saya lagi Error


Responses

  1. kebenaran hipotesisnya seperti apa ya de?^^

    gak nyangka bakal nemu tulisan ini, gara2 achyar…..ckckckckck

    semoga segera menemukan orang yang ke tujuh ya

    • Bahwa setiap kita punya tujuh orang kembar di dunia. Jangan dibawa mimpi tulisannya ya. Lagi error…😉

  2. hahahaha
    untung g ada yg bilang mirip saya ya kang..😀

  3. Alhamdulillah berarti ya. ;D

  4. itu kan hipotesis tahun 90-an, Kang.. waktu penduduk dunia masih 10 milyar orang (kalo ga salah yaaa…)

    sebenernya ini cuma perhitungan prediksi biostatistika sederhana aja, tapi yang lebih terkenal malah ilmu populernya. beginilah sains di masa sekarang..heuuu…

    pada dasarnya kan manusia punya 46 kromosom di tiap sel-nya. sel-sel ini yang membawa sifat2 genetik. dengan berbagai kalkulasi biostatistika yang hanya ahli biostatistika dan Allah yang mengerti, diperkirakan bahwa hanya ada 1,6 milyar kombinasi gen yang bisa terbentuk dan berarti akan ada 1,6 milyar manusia yang tidak mirip. nah, 10 milyar dibagi 1,5 milyar kan kira2 hasilnya 7 tuh (mohon maaf kalo salah, udah 4 taun saya ga belajar matematika.. heuu..). jadi perkiraannya ya ada 7 orang yang secara fisik mirip sama kita (kan kalo batin mah cuma Allah yang Maha Tahu..hehe). gata juga ya kalo taun 2000-an ada berapa orang yang diprediksi mirip sama kita…. kan jumlah penduduk dunia berubah terus…. heu..

    gitu, Kang..

    buktinya, tahun 90-an kemaren, saya punya kembaran di Amerika (Beyonce Knowless), Kanada (Avril Lavigne), Inggris (Princess Sarah Ferguson), Cina (Barbie Hsu), Jepang (Ayumi Hamasaki), Malaysia (Siti Nurhaliza), dan Tamara Bleszynski di Indonesia. heheheheheheheeeee….

    • Percaya ga, kalo ada hadist tentang ini?🙂

      • percaya aja..

        kan banyak hadis2 tentang sains yang baru bisa dibuktikan secara empiris oleh ilmuwan2 barat setelah ratusan tahun kemudian.

        waktu rasulullah saw mencontohkan bersiwak setiap sebelum sholat, fakta2 mikrobiologisnya baru ada tahun 80-an.

        waktu rasulullah saw menganjurkan tidur menghadap kanan dengan tangan sebagai bantalan kepala, fakta2 ortopedik, dentomuskuloskeletal, dan kardiovaskulernya baru muncul tahun 30-40an.

        waktu rasulullah saw mencontohkan mandi 2 kali sehari, sekarang2 ini baru ada faktanya kalau mandi selain bisa membersihkan tubuh dari bakteri, juga mencegah invasi virus2 berbahaya (hingga AIDS)

        isyarat2 sains pasti ada di tiap dalil naqli yang kita baca…🙂

  5. Waduh Mila paragraf terakhirnya, Kamu pernah jadi pahlawan devisa? :O

    • justru mereka yang pernah jadi pahlawan devisa di rumah saya, Kang.. hahaha

  6. Kalo ditanya aku punya kmbaran atau enggak aku ga bingung, tapi ada suatu ketika kalau tidak salah ada 3 orang di akun fcbookq bilang aku mirip seseorang. 2 orang bilang mirip pcar, dan 1 orang lg mirip sobatnya… Diskolah jg ada yg bilang aku mirip sama adik kelasku sendiri tpi aku ga suka di bilang gtu… Ada juga yg bilang aku mirip aktor luar kyle chandler. #im–not–say–it.


Leave a Reply

Categories

