Posted by: deatantyo | July 5, 2010

PANGLIMA SURGA

Judul Buku : Panglima Surga

Pengarang : Abu Fatah Grania

Penerbit : Cicero Publishing

Tahun : Cet. Pertama, Agustus 2008

Jml Halaman : 455 halaman

“Membaca buku ini membuat kita terperangah. Betapa dahsyat para pahlawan umat Islam sejak dulu. Mereka semua laksanan singa petarung yang kuat dan gagah berani. Namun kelembutan jiwa kemanusiaannya tidak hilang saat manusia membutuhkannya. Menjadi potret percontohan bagi umat sepanjang masa.”

(Igo “Fatahillah” Ilham)

Tebal 455 halaman menjadi terasa tipis ketika menyaksikan dengan seksama kisah para pejuang dan pahlawan Islam melalui buku ini. Panglima Surga, sebuah buku yang memiliki kedalaman kisah dan makna yang luar biasa.  Kita seakan terhipnotis untuk membacanya sampai tuntas karena bahasanya serta kecepatan alur cerita yang sarat akan teladan yang tak ternilai harganya.

Buku sejarah tentang para panglima dan pahlawan Islam memang telah banyak ditulis, namun seperti air, keteladanan mereka tak pernah terhenti. Selalu mengucur ke generasi berikutnya. Buku ini memaparkan secara epik keteladanan tiga panglima besar Islam: Khalid bin Walid, Shalahudiin Al Ayyubi, dan Muhammad II Al Fatih. Masing –masing memberikan keteladanan dari berbagai sisi yang berbeda sekaligus menggelorakan semangat perjuangan.

Secara umum buku ini terbagi menjadi tiga bagian besar, yang merangkum tiga kisah sejarah panglima Luar biasa Islam. Yang tiap pembahasan dibagi menjadi empat bagian mulai dari latar belakang dan biografi singkat sang panglima, masa-masa peperangan hingga masa wafatnya sang Panglima.

Bagian pertama mengisahkan tentang Sahabat besar Rasulullah SAW : Khalid bin Walid. Sosok langka seorang panglima yang kuat dan mahir berperang. Seorang sahabat yang pernah dipuji Rasulullah SAW tentang kekuatan dan kapasitasnya. “..karena Ia telah diberi sesuatu yang tidak diberikan kepada orang lain.” Bahkan Abu Bakar pada masa kekhalifahannya, pernah dengan tegas mengumandangkan sebuah pernyataan yang mengukuhkan kapasitas Khalid, “Tidak seorang wanita pun akan sanggup melahirkan lagi laki-laki seperti Khalid” ujar Abu Bakar.

Bagian Kedua mengisahkan tentang Shalahuddin Al Ayyubi, seorang sultan sekaligus panglima besar Islam, sang pembebas Palestina. Shalahuddin Al Ayyubi terkenal sebagai sosok zuhud serta panglima perang yang tulus dan penuh kasih sayang. Tercatat dalam sejarah kisah heroik sekaligus ketulusannya dalam perang Salib. Bahkan musuh besarnya, Richard “The Lion Heart”, pernah merasakan langsung ketulusan budi pekerti Shalahuddin Al Ayyubi. Bagaimana misalnya Sang Panglima menawarkan pengobatan bagi penyakit yang diderita Richard. Selain itu, seringpula Sang panglima mengirimkan hadiah dan buah-buahan kepada musuh besarnya.

Selanjutnya di bagian ketiga, termaktublah kisah fenomenal sang Mujahid yang mengaminkan pesan Rasulullah SAW tentang pembebasan Konstantinopel, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya Konstantinopel akan ditaklukan, sebaik-baik pemimpin dalah pemimpinnya, sebaik-baik pasukan adalah pasukannya”. Dan ksatria itu adalah Muhammad II Al Fatih. Sang Penakluk. Sebuah kisah luar biasa yang menampilkan praktik heroik teladan umat sepanjang masa.

Akhirnya mengutip sebuah testimoni dari Igo Ilham pemeran utama film heroic Fatahillah tentang buku  Panglima Surga, “Membaca buku ini membuat kita terperangah. Betapa dahsyat para pahlawan umat Islam sejak dulu. Mereka semua laksanan singa petarung yang kuat dan gagah berani. Namun kelembutan jiwa kemanusiaannya tidak hilang saat manusia membutuhkannya. Menjadi potret percontohan bagi umat sepanjang masa.”  Selamat membaca. Selamat berjuang.

Dea Tantyo


Responses

  1. buku keren nih

  2. Betul. Sejarah dalam kemasan novel.😉

  3. pengen punya bukunya panglima surga, beli dimana yaa ??
    nyari2 gag pernah nemu..😮

    • Kalo belum nemu, coba cari di toko buku bekas. Beberpa kali nemu bukunya.

    • Ada nih, mau?🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: