Posted by: deatantyo | July 5, 2010

Outliers

Judul Buku : Outliers

Penulis : Malcolm Gladwell

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Jumlah halaman : 339 halaman

Mau tau buku psikologi sosial motivasi yang paling aneh?

Yang punya analisis memikat?

Yang punya pola logika luar biasa?

Yang “unique, complex, and unpredictable?

Outliers merombak total pola pemahaman kita tentang kesuksesan. Gladwell menyajikan cetak biru yang memikat dan provokatif dalam memaksimalkan potensi kesuksesan. Disini kita akan menatap lekat makna sukses yang hampir belum pernah dibahas di buku-buku manapun. Hingga terbukalah ruang-ruang diskusi : tentang The Beatles, Bill Gates, dan pola hidup para outliers–orang-orang yang pencapaian suksesnya di luar jangkauan normal. Tentang mengapa bangsa Asia sangat hebat dalam bidang matematika, tentang keganjilan kecelakaan pesawat terbang, tentang Mozart, tentang sikap, budaya, tentang pola 1000 jam. Dan tentang keanehan lainnya.

Adapun buku yang disusun oleh malcolm Gladwell ini, terbagi menjadi dua bagian besar, yang tersusun atas dua bab. Pembahasan diawali dengan sebuah analisis atas kisah kota Rossetto (sebuah kota di sebelah tenggara Roma, di kaki pegunungan Alpennine). Pada bagian pembuka ini Malcolm Gladwell mencoba menelisik lebih dalam sebuah keganjilan atas gejala-gejala yang terjadi di kota tersebut. Analisis itulah yang kemudian menjadi pondasi awal atas bangunan logika yang mengawali pembahasan Gladwell tentang kesuksesan yang dilihat dari sisi yang benar-benar berbeda.

Selanjutnya, pada bab pertama : Kesempatan, Gladwell mencoba menganalisa betapa kesuksesan tidak hanya dipengaruhi oleh peluang “internal” semata semisal usaha, kerja keras dan sebagainya seperti banyak dibahas oleh banyak buku motivasi yang membahas tentang kesuksesan lain, namun sebaliknya gladwell mencoba membuka lebar ruang pemikiran kita bahwa semua faktor diatas menjadi tidak “berdaya” ketika tidak ada sebuah momentum kesuksesan berupa kesempatan yang dimiliki oleh sesorang demi memperoleh pencapaian hidup.

Pada halaman selanjutnya, materi yang disampaikan oleh Malcolm Gladwell dalam bab kedua bertajuk : Warisan Budaya. Bab ini membahas tentang bagaimana budaya menjadi sebuah karakter atau kebiasaan yang menyebabkan seseorang atau sebuah negara mengambil sebuah keputusan yang sangat berpengaruh pada kesuksesan atau kegagalannya di kemudian hari. Malcolm Gladwell menjungkirbalikan pemahaman kita betapa perilaku atau kejadian yang dialami sesorang atau bahkan sebuah negara sangat terkait erat dengan background budaya entitas yang bersangkutan. Gladwell membangun pembahasannya dengan sebuah kisah atau peristiwa yang terjadi kemudian diikat dengan kutipan penelitian dunia terhadap materi yang dibahas.

Ya, membaca buku bestseller karya Malcolm Gladwell ini akan menceriakan susunan Neo Cortex kita dengan analisis yang renyah, menyenangkan dan mengenyangkan. Bahkan disini, kita disadarkan, bahwa sukses bahkan bisa dipengaruhi oleh tanggal lahir. Cukup menarik? tunggu dulu. Hingga suatu saat saya tanyakan hal serupa kepada seseorang, lalu jawab beliau,

“Outliers Malcolm Gladwell, buku terbaik versi saya dalam bidang psikologi sejauh ini”

(Chandra Natadipurba, Mahasiswa Berprestasi Unpad 2008)

Dea Tantyo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: