Posted by: deatantyo | May 28, 2010

Indonesia Doesn’t Need The World : Sebuah Pesan dari Singapore

“Indonesia doesn’t need the world, but the world need Indonesia”

By : Anonymous

Suatu pagi di bandar lampung, Saya menjemput seseorang di bandara. Orang itu sudah tua, kisaran 60 tahun. Sebut saja si Bapak.

Si Bapak adalah pengusaha asal singapura, dengan logat bicara gaya melayu, english, (atau singlish?) beliau menceritakan pengalaman-pengalaman hidupnya kepada kami yang masih muda. Mulai dari pengalaman bisnis, spiritual, keluarga, bahkan percintaan hehehe..

“Your country is so rich!”

Ah biasa banget kan denger kata-kata begitu. Tapi tunggu dulu..

“Indonesia doesn’t need the world, but the world need Indonesia”
“Everything can be found here in Indonesia , you dont need the world”
“Mudah saja, Indonesia paru-paru dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan , dunia pasti kiamat. Dunia yang butuh Indonesia!”

“Singapore is nothing, we cant be rich without Indonesia. 500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura setiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke kami? apartemen-apartemen dan condo terbaru kami yang membeli pun orang-orang Indonesia, ga peduli harga yang selangit, laku keras. Lihatlah rumah sakit kami, orang indonesia semua yang berobat.”

“Kalian tahu bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya, benar-benar panik. Sangat berasa, we are nothing.”

“Kalian ga tau kan klo agustus kemarin dunia krisis beras. Termasuk di singapura dan malaysia ? kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras”

“Lihatlah negara kalian, air bersih dimana-mana.. lihatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari Malaysia. Saya pernah ke Kalimantan, bahkan pasir pun mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Petani disana menjual Rp3000/kg ke sebuah pabrik China. Dan si pabrik menjualnya kembali seharga Rp 30.000/kg. Saya melihatnya sendiri”

“Kalian sadar tidak klo negara-negara lain selalu takut mengembargo Indonesia? Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut klo kalian menjadi mandiri, makanya tidak diembargo. Harusnya KALIANLAH YANG MENGEMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah dari petani-petani kita sendiri, belilah tekstil garmen dari pabrik-pabrik sendiri. Tak perlu kalian impor kalo bisa produksi sendiri.”

“Jika kalian bisa mandiri, bisa MENGEMBARGO DIRI SENDIRI, Indonesia will rules the world!”


Responses

  1. sayangnya,,
    kenapa indonesia belum bisa seperti apa yang dibilang si bapak yah??

    seharusnya,klo bisa bgtu(apa yg bapak bilang), kenapa indonesia masih bnayak yg ,melarat yah…

    gmn caranya kita bisa membuat apa yg bapak itu bilang???

  2. waaah, sudah lama tak berkicau d blognya kang deaa..hhehehe

    benar sekali ungkapan si Bapak, di Singapore negara kecil nan maju krn memiliki SDM yg etos kerjanya gila-gilaan. Pemilik modal ataupun pengusaha yg terdapat di negeri singa tersebut sebagian besar bukan penduduk pribuminya melainkan warga pendatang. Karena sebagian besar penduduk pribumi negara tersebut yang saya ketahui tingkatannya klo misalnya d lihat d indo smpe tamatan SMA. Jadi SDM d negara tersebut memiliki mindset jd pekerja d bandingkan pengusaha. Dan mirisnya lagi bnyak orang Indo yg mnjadi tenaga kerja di negara kecil ini krn mendapatkan penghasilan yg lebih besar dibanding di negara tempat mreka lahir. 1 hal yang saya kagumi dr Singapore meskipun negara yg luas daratannya lebih kecil d bdgkan Indo, negara itu bisa menjadi negara industri yang maju.

    Apakah di Indonesia tdk malu dengan negara kecil & maju tersebut, menurut saya mesti ada revolusi yang bisa merubah sistem di negara kita ini.apapun bentuknya asalkan bisa merubah Indonesia menjadi negara maju, percaya diri, mampu memaksimalkan potensi SDA yang ada. serta SDM yang memiliki visi bersama untuk kemajuan INDONESIA.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: